BEBAS download

06 January, 2009

Penyebab Mesin Diesel "Masuk Angin"

Apa yang menjadi penyebab masuk angin? Pada prinsipnya, ini terjadi karena sifat angin memang selalu mengisi ruang kosong. Nah, ada tiga hal yang paling sering menimbulkan angin palsu pada mesin diesel.

Pertama, karena pernah kehabisan bahan bakar. Bahan bakar yang minim ini membuat angin ikut masuk ke injection nozzle. Selanjutnya, angin tersebut mempengaruhi tekanan solar ke ruang bakar. Tekanan solar menjadi tidak tinggi. Padahal, untuk penginjeksian, mesin diesel
memerlukan tekanan yang tinggi.

Masalah "tekanan" inilah yang paling utama membuat mesin diesel begitu terpengaruh angin palsu. Tidak seperti mesin berbahan bakar bensin.
Meskipun mesin bensin juga bisa masuk angin, kinerjanya tidak terpengaruh angin palsu. Sebab, penginjeksian bensin cukup dengan tekanan antara 2,5 sampai 3 kg/cm2. Sementara solar harus di atas 180 kg/cm2.

Kedua, yang juga paling sering memicu masuk angin adalah saat penggantian part pada sistem bahan bakar. Misalnya penggantian saringan solar, injection nozzle dan selang-selang bahan bakar. Saat komponen ini dibuka, angin leluasa masuk ke saluran sistem bahan bakar.

Penyebab ketiga, pembuangan air di penampungan air (water sendimeter). Sama seperti prinsip di atas, saat air terbuang, udara akan menggantikannya masuk ke priming pump.

Dengan demikian, jelas bahwa langkah-langkah untuk menghindari masuk angin adalah dengan memperhatikan sebab-sebab di atas, yaitu:

  • Sebaiknya isi kembali solar sebelum garis pertama tanda E (empty).
  • Lakukan penggantian komponen sistem bahan bakar di bengkel. Sebab, teknisi di bengkel akan sekaligus melakukan pembuangan angin palsu saat penggantian.

Beruntung, kemajuan teknologi diesel terbaru sudah mengatasi problem ini, yaitu dengan diaplikasikannya teknologi EFI pada mesin diesel.
Sekalipun masuk angin, pengendara tidak perlu melakukan tindakan buang angin palsu. Dengan teknologi ini, mesin secara otomatis melakukan pembuangan angin sendiri. Teknologi ini sudah diterapkan pada Kijang Innova diesel misalnya. Juga, pada Isuzu D-MAX.

Semua kegiatan ini bukan hal sulit. Tapi, pengaruhnya dalam kenyamanan dan keselamatan berkendara bisa sangat luar biasa.