Masuk angin tidak hanya bisa menimpa tubuh manusia. Tapi juga mesin diesel. Sama seperti yang dirasakan manusia, masuk angin membuat tak nyaman. Saat mesin diesel masuk angin misalnya, mesin akan sulit dihidupkan. Ketika dioperasikan, mesin juga terasa kurang tenaga.

Menurut Saian, Technical and Training Staff Emergency Roadside Assistance (ERA) AstraWorld, ini memang kasus yang biasa dikeluhkan pemilik mesin diesel. "Pengendara kerap menyebutnya dengan angin palsu," katanya.

Angin palsu ini jelas harus dibuang. Sepanjang masih ada angin (udara) palsu di dalam sistem bahan bakar, volume bahan bakar yang diinjeksi ke ruang bakar tidak akan sesuai. Artinya, supply solar ke ruang pembakaran kurang. Inilah yang menyebabkan mesin susah hidup, dan
terasa kurang bertenaga.

Penanganan kasus ini sangat mudah, bagaimana ?
  1. Tekan priming pump beberapa kali hingga terasa keras saat ditekan.
  2. Start mesin sampai hidup. (Catatan: Jangan melakukan start yang terlalu panjang. Apabila susah hidup, lakukan sambil menekan priming pump).
  3. Setelah mesin hidup, kendorkan baut union pada injection nozzle. Usahakan tutup baut tersebut dengan kain karena akan keluar bahan bakar. Kendorkan baut sampai bahan bakar yang keluar melalui baut union tidak berbusa lagi. Lakukan tindakan ini pada semua injection nozzle.
Semua kegiatan ini bukan hal sulit. Tapi, pengaruhnya dalam kenyamanan dan keselamatan berkendara bisa sangat luar biasa. (From: "Firman Gunadi")