Pertanyaan:
Salam Panther Mania, Saya baru beli mobil panther grand royal 2.5L tahun 1997, mohon bantuannya, berhubung ini mobil Panther saya yang pertama dan saya belum pernah punya mobil diesel, jd mohon penjelasan tentang mobil Diesel. Ada beberapa pertanyaan yang ingin saya tanyakan:
  1. Apakah perawatan mobil diesel sama dengan mobil bensin scr umum?
  2. Kata temen mobil diesel perlu di servis bospom nya setiap 1 th 1x. Bener gak ya? apa bospomp itu sama dengan karburator di mobil bensin?
  3. Bagian2 apa saja yang perlu diperhatikan pada mesin diesel, khususnya Phanter.
Maturnuwun atas Infonya.....
Tanggapan:
Proficiat Bro ... atas panther barunya ...
  1. Secara umum perawatan sama yang penting ganti oli pada waktunya (oli mesin, oli gardan, oli perseneleng, oli/minyak rem, powerstering)... Klo bisa minyak rem n power sterring dikuras aja gak mahal kok ... Saya pernah terlambat menguras minyak rem akhirnya rem blong n masternya kena padahal tuk nguras minyak rem cuma perlu 2 botol minyak rem merek prestone @ 15rb = 30rb. Ganti filter2 pada waktunya (filter udara, filter oli, filter solar)
  2. Bospom atau injector, (boleh juga dibilang karburator tapi beda lho) klo masih irit gak perlu di service Bro ... apalagi klo rajin ganti filter solar, dijamin aman ... punya ane dah 3 tahun aja belum pernah srvice injector ... padahal belinya second juga, apalagi service injector kan mahal mending setiap 10.000 Km solarnya diisi full lalu dikasih injector cleaner ... merk prestone cuma 24rb. Gw biasanya gitu aja ...
  3. Yang perlu diperhatikan tampaknya dah disampein di nomer 1. ya ... semua oli/minyak n filter ...

Semoga bisa membantu ...